Minggu, 06 Desember 2009

Pada tanggal 30 November lalu, kami mahasiswa plug 4 telah mengikuti praktikum Pengantar Teknologi Informasi. Dalam pertemuan tersebut, kami mempelajari Modul IV yaitu tentang Open Office CALC melanjutkan pertemuan pada tanggal 23 November. Open Office CALC adalah salah satu perangkat lunak yang dimiliki oleh OS Linux yang fungsinya hampir sama dengan Microsoft Excel yang dimiliki oleh OS Windows. Kami belajar tentang beberapa fungsi yaitu : fungsi hitung calc, fungsi logika, ekspresi atau pernyataan logika, operator logika, fungsi pembacaan tabel, dan statistik dan waktu.
Tugas :
1. Hlookup adalah command yang digunakan untuk mengambil data secara horizontal dari tabel. Cara pengambilannya hanya dengan mengetik “=HLOOKUP(Nilai Kunci, ini digunakan sebagai alamat dari baris yang mau diambil datanya;Range Tabel Area, ini adalah command untuk membatasi pembacaan tabel;Nomor Indeks Kolom, ini adalah command untuk membaca letak horizontal data yang hendak dicopy)
Ex : =HLOOKUP(B5;A17:J19;2)
2. Vlookup adalah command yang digunakan untuk mengambil data secara vertikal dari tabel. Cara pengambilannya hanya dengan mengetik “=VLOOKUP(Nilai Kunci, ini digunakan sebagai alamat dari kolom yang mau diambil datanya;Range Tabel Area, ini adalah command untuk membatasi pembacaan tabel;Nomor Indeks Kolom, ini adalah command untuk membaca letak vertikal data yang hendak dicopy)
Ex : =VLOOKUP(C5;A22:C24;2)

berikut contoh perbedan dari penggunaan hlookup dan vlookup :




Berikut fungsi - fungsi yang digunakan untuk tabel di atas :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar